Radio PPMI Mesir

NOW AIRING : Loading ...

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Musim Dingin

Hal yang Harus Diperhatikan saat Musim Dingin

6 oktober 2019

RadioPpmiMesir- Kairo, musim dingin sudah tiba, tepatnya karena sekarang sudah memasuki bulan yang berakhiran -ber, kalau kata orang Jawa “ber-ber menadahkan ember”.Maksudnya adalah siap-siap untuk datangnya hujan. Tetapi beda hal nya dengan di Mesir, tidak akan kita temui hujan kecuali 2 kali dalam setahun, menandakan sudah tibanya musim dingin atau musim panas.

Hal apa saja sih yang harus diperhatikan dan disiapkan untuk menghadapi musim yang sebelumnya tidak pernah kita rasakan di Indonesia ini .

1. Kesehatan

Karena ”akal yang sehat terdapat pada jiwa yang kuat”. Persiapkan segala obat-obatan, tetapi harus memperhatikan takaran dosisnya, karena dosis orang Arab lebih tinggi dari pada orang Timur lainnya. banyak minum air putih, walaupun di musim dingin sangat jarang kehausan, bukan berarti tubuh tidak perlu cairan, karena di musim dingin tubuh akan banyak merasa kelaparan. Harus bisa seimbang antara makanan dan minuman.

2. Pakaian

Jika di musim panas, tak banyak hal yang harus diperhatikan, di musim dingin hampir semua badan harus ditutup. mulai ujung kepala sampai ujung kaki. Dan hal utama yang harus diperhatikan adalah jaket. semakin rendah suhu udara, maka akan semakin tebal pula jaketnya. Selimut juga hal yang sangat besar kaitannya dengan musim dingin, dan hal yang lumrah adalah, musim dingin adalah musim yang buat orang malas kemana-mana, ini yang harus di hindari, karena memicu penyakit.

3. Pendidikan

Musim dingin erat kaitannya dengan kata malas beraktifitas, rendahnya suhu udara menjadikan manusia untuk enggan keluar dari rumahnya. teerlebih lagi mahasiswa asing yang kuliah di suatu negara dengan iklim yang berbeda dengan negaranya, akan terasa sangat berat. Tetapi itu bukanlah suatu alasan, karena jika niat sudah benar, seberat apapun keadaan dan rintangan yang ada di depannya, akan ia tempuh. Belajar bukan hanya pergi ke kampus kemudian pulang ke rumah lagi, tetapi bisa di mana saja dan kapan saja. Kuliah di luar negeri sangatlah berat, tetapi jika kamu berhasil melewatinya, kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik saat pulang ke Indonesia nanti.

4. Olahraga

Cuaca dingin tidak lantas membuat kita harus menghabiskan waktu seharian di kamar. Kita harus membuat peredaran darah lancar dengan cara bergerak. Cukup dengan berolahraga ringan saja, agar badan tetap hangat suhunya.

Sufitri Wulandari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *