Radio PPMI Mesir

NOW AIRING : Loading ...

Nikmatnya Berpuasa Asyura’ di Mesir

Jum’at, 20 September 2019

RadioPpmiMesir — Cairo, Hari Asyura’ yang bertepatan pada tanggal 10 Muharram yang kebetulan jatuh pada hari Senin lalu, (11/09) dimana pada hari itu sangat dianjurkan untuk berpuasa Asyura’. dan dianjurkan juga untuk berpuasa sehari sebelum berpuasa Asyura’, puasa ini disebut puasa Tasu’ah. Rasul ini sangat memuliakan bulan ini, sehingga kita sangat dianjurkan berpuasa selama dua hari di bulan Muharram ini. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim,Abdullah ibnu Abbas RA,berkata: Aku tidak pernah mendapati Rasulullah SAW menjaga puasa suatu hari karena keutamaannya dibanding hari-hari yang lain kecuali hari ini,yaitu hari Asyura’ dan bulan ini yaitu bulan Ramadhan”. Itulah mengapa hari Asyuro’ sangat dimuliakan,karna akan mendapatkan ampunan dan pahala dari Allah bagi yang melaksanakannya. Sebagaimana tentang Keutamaan Puasa ‘Asyura, Ibnu Abbas menyatakan: “Saya tidak pernah melihat Rasulullah berpuasa pada suatu hari karena ingin mengejar keutamaannya selain hari ini (Asyura’) dan tidak pada suatu bulan selain bulan ini (maksudnya:bulan Ramadhan).” (HR.Al-Bukhari.). Begitu pula suasana di negeri para nabi ini,negeri Kiblat Al-Ilm ,negeri Ummu ad-Dunya, negeri yang bermayoritas muslim ini pun punya ciri khas sendiri ketika melaksanakan puasa-puasa sunnah,salah satunya adalah Puasa Asyura’.

Memang,banyak sekali orang-orang yang berlomba-lomba melakukan kebaikan ketika melaksanakan Puasa Sunnah yang memang sangat dianjurkan untuk kaum Muslim,salah satunya di hari Asyura’ ini. Akan tetapi,lebih menariknya lagi ketika kamu menjelajahi kota Mesir ini pada saat bulan Muharram,tepatnya pada hari Asyura’.

Nah,di Negeri Para Anbiya ini, kamu bakal merasakan nuansa yang berbeda ketika kamu menginjakkan kaki di negeri ini pada bulan-bulan seperti bulan Ramadhan,Dzulhijjah,ataupun Asyura’. Diantaranya adalah:

1.Orang Mesir kebanyakkan suka membawa tasbih

Bisa dibayangkan jika kalian menemui orang-orang Mishriyyun membawa tasbih,hati kalian bergetar secara spontan. Merasa jiwa kita menjadi terharu menyaksikan fenomena tersebut. Kalian bisa menemukannya di kawasan Darrasah jika kamu sedang mengunjungi ke Masjid Azhar ataupun pergi menziarahi ke Masjid Sayyidina Husein, disana kita dapat melihat bahwa bukan hanya para Masyayikh ataupun Orang Alim saja yang membawa tasbih, baik itu Orang-orang yang berjas,Polisi,atau bahkan Pelajar. Tasbih nya tak luput dari genggamannya pada saat itu juga, sehingga membuat kita jadi sering bermuhasabah diri dalam berlomba-lomba untuk mengejar kebaikan

2.Bersholawat dan berbuka puasa bersama

Tak hanya di bulan Ramadhan, Orang-orang Mesir pun juga sangat memuliakan Hari-hari yang sangat dianjurkan dalam berpuasa, salah satunya puasa Asyura’. Mereka selalu menyiapkan buka puasa untuk para Wafidin dan Wafidat (Penduduk non Mesir), dan melaksanakan berbuka puasa bersama. Sebelum buka bersama, selalu diadakannya ritual Shalawat kepada Nabi dan memberikan sedikit mau’idzoh hasanah oleh Syeikh sembari menunggu kumandang Adzan. Diantara tempattemat yang selalu diberikan hidangan buka puasa gratis,seperti:Masjid Sholeh Ja’fari kawasan Darrasah, Masjid Asyrafi berlokasi di Mokattam, Raudah Hassaniyah Syari’ di Sidna Hussein, Masjid Dzohir Biebers di Biebers. Biasanya dilaksanakan setelah menunaikan shalat Ashar karna akan ada Tausiyah sebelum Iftor Jama’i (Red: Buka puasa bersama).

(Maryatul)

Maryatul Qibtiyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *