Radio PPMI Mesir

NOW AIRING : Loading ...

Cara Tepat Menyimpan Daging Kurban agar Tetap Berkualitas

RadioPpmiMesir—Kairo (12/08) Sebagian dari anda yang mendapatkan daging kurban.Baik sapi atau kambing, di hari Iduladha akan menyimpannya di dalam kulkas. Namun, ketahui beberapa langkah agar daging tetap berkualitas bahkan hingga setahun.

 “Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan masyarakat untuk menyimpan daging kurban di lemari pembeku sehingga bertahan lama dengan kualitas yang tetap terjaga,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto di Yogyakarta

 (1)Jangan dicuci

Pertama, bila ingin menyimpan dagin tidak pelru mencuci agar bisa tahan lama. Daging yang dicuci malah mungkin tercemar bakteri bila tidak segera diolah.

(2)Potong sesuai standar konsumsi keluarga

Pastikan sudah cuci tangan sebelum memotong daging kurban. Gunakan pisau bersih. Lalu, potong sesuai kebutuhan konsumsi keluarga.

“Jika dalam sehari rata-rata mampu mengonsumsi sekitar 300 gram daging, maka daging kurban perlu dipotong tiap 300 gram,” kata Sugeng.

(3)Simpan di wadah makanan

Pisahkan tiap potongan di tempat berbeda. Pilih tempat penyimpanan yakni wadah makanan yang sudah tersertifikasi keamanannya.

“Jika daging disimpan dalam potongan besar dan tiap akan dimasak harus dicairkan untuk dipotong dan sisanya dibekukan kembali, maka kualitas daging akan menurun. Lebih baik dipotong sesuai standar konsumsi saja,” katanya.

Daging yang disimpan dengan baik, lanjut Sugeng, mampu bertahan cukup lama di lemari pembeku bahkan bisa memiliki daya simpan hingga sekitar satu tahun.(sumber dari:liputan6.com)

Penulis: Maryatul Qibtiyyah

Maryatul Qibtiyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *